Untuk format pdf download: di sini
Untuk format word download: di sini
contoh:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : IV/I
Tahun Pelajaran : 2011/2012
Alokasi Waktu : 2 JP (2 X 35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman
suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan propinsi.
B.
Kompetensi
Dasar
1.5 Menghargai berbagai peninggalan sejarah di
lingkungan setempat kab/kota, propinsi, dan menjaga kelestariannya.
C.
Indikator
Kognitif
1.
Mengumpulkan
informasi tentang asal usul nama suatu tempat berdasarkan berbagai sumber
Karakter
Gemar baca, cermat
Ketrampilan Sosial
Kerja sama, komunikatif
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Diharapkan
siswa mengetahui tentang asal usul nama suatu tempat melalui membaca dengan
cermat suatu informasi
E.
Materi
Pembelajaran
Peninggalan sejarah
di lingkungan setempat
F.
Metode Pembelajaran
Pendekatan: CTL
Metode: Tanya
jawab, ceramah, diskusi, presentasi, penugasan
G.
Skenario Pembelajaran
Kegiatan Awal
(5 menit)
·
Menyampaikan
informasi materi yang akan dipelajari serta tujuan pembelajaran
·
Tanya
jawab seputar gambar benda sejarah yang dibawa guru
Kegiatan Inti (55 menit)
·
Siswa
membaca sekilas cerita asal usul nama Kota Surabaya bersama teman sebangkunya
·
Siswa
bersama teman sebangkunya merangkai naskah cerita yang dipotong menjadi
beberapa bagian
·
Salah
satu kelompok mempresentasikan hasil kerja dan yang lain menanggapi, berulang
sampai semua kelompok mendapatkan giliran
·
Siswa
medapatkan penguatan dan tambahan materi dari guru
·
Mengerjakan
LKS secara individu
·
Evaluasi
·
Tanya
jawab materi pembelajaran yang telah dilaksanakan sebagai penyimpulan
Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Refleksi
·
Pemberian
PR
·
Penutup
H.
Meteri Pokok
Asal usul nama Surabaya
I.
Media dan Sumber Belajar
Media:
·
Gambar
Patung Sura dan Buaya lambang Kota Surabaya,
·
Naskah
dan potongan cerita asal usul nama Kota Surabaya
Sumber Belajar:
·
IPS
Terpadu untuk Sekolah Dasar Kelas IV, Erlangga
·
Uji
Kompetensi Tangkas
J.
Penilaian
Prosedur Penilaian: Penilaian proses dan penilaian akhir
Instrumen Penilaian: Lembar Pengamatan, Lembar Kerja Kelompok,
Lembar Kerja Siswa
K.
Lampiran-Lampiran
1.
Gambar
Ikan Sura dan Buaya
2.
Cerita
Asal Usul nama Surabaya
3.
Lembar
Kerja Kelompok
4.
Tes
Akhir
5.
Kunci
Jawaban
6.
Format
Penilaian
7.
Lembar
Pengamatan Karakter
8.
Lembar
Pengamatan Ketrampilan Sosial
Mengetahui,
Kepala SDN …………………..
______________________
NIP.
|
……………… , …………………..
Guru Kelas IV
______________________
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar