Rabu, 01 Agustus 2012

Beautiful Beach: Jonggring Saloka

Lain Modangan lain Jonggring. Kesamaannya, keduanya sama-sama menjadi pantai surga yang masih tersembunyi dibalik pegunungan daerah selatan.

Pulau karang

Pantai Jonggring berlokasi di Desa Gondang Towo Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang. Jalur yang bisa ditempuh ketika mencapai Donomulyo adalah ke selatan melewati Desa Mentaraman dan diteruskan menyusuri jalan batu Desa Gondang Towo. Anda semua tidak perlu takut tersesat karena jalan ini hanya ada satu arah saja. Pemandangan hutan jati milik Perhutani dan tanah garapan warga di sepanjang jalan siap menyambut  perjalanan yang akan anda lalui.


Sajian Pemandangan dalam Perjalanan

Sisi lemahnya adalah masih sulitnya akses menuju ke lokasi. Memang jalan sudah dapat dilalui kendaraan roda empat, tetapi susunan batu-batu tak beraturan di sepanjang jalannya seringkali menyulitkan perjalanan roda dua. Tetapi semua itu dijamin akan terbayar ketika anda sampai di sana.

Rentetan hutan yang masih lebat membuat udara di sepanjang pantai selalu sejuk walaupun di tengah hari. Pepohonan di sekeliling panatai juga terjajar dengan tatanan alam nan cantik. Nah, di sana saya sarankan tidak hanya berjalan di satu pantai yang anda temui ketika anda datang. Berjalanlah ke sebelah barat melewati pulau karang kecil. Anda akan menemui pemandangan unik di sana. Masyarakat sekitar menyebutnya “Bros-Brosan”. Itu adalah air mancur alami yang terjadi karena adanaya lubang karang pada sebuah batu yang menjulur ke laut. Ketika ombak menepi, lubang itu akan terisi air dan tekanan yang ada membuat air naik ke atas dan mengeluarkan bunyi “Brosss’. Karena kuatnya tekanan, ketika anda melemparkan kayu atau benda apapun ke bawah menjelang ombak datang, benda itu akan ikut terlempar ke atas. Dijamin, seruuuuuu!

Pulau Bros-Brosan

Masih kurang? Ada lagi. Setelah melewati gapura/gerbang masuk kawasan pantai, belokkan sepeda ke kiri melewati jalan kecil. Hanya beberapa meter saja kita akan disuguhi pemandangan pantai lain dengan tekstur pasir putih yanng lebih lembut. Di sisni  pasirnya lebih landai dari yang sebelumnya. Kalau punya banyak waktu, bisa juga mencoba menjadi petualang dengan mencari pantai lagi di balik karang yang ada di sampingnya. anda akan menemukan pantai baru lagi yang pastinya mempunyai ciri khas sendiri

Hanya saja tidak disarankan sama sekali berenang di semua pantai yang ada karena banyak karang tajam di bawah air. Selain itu ombaknya pun cenderung tinggi. Jika hanya ingin menyentuh air, akan lebih aman jika menunggu selepas tengah hari. Karena biasanya air mulai surut dan ombak lebih tenang.

Satu hal yang perlu diperhatikan, di pantai ini belum tersedia berbagai fasilitas, sebenarnya ada kamar mandi atau warung, tetapi terbengkalai begitu saja hingga kehilangan fungsinya. Jadi siapkanlah apa yang anda perlukan dari rumah. Akan lebih seru ke lokasi ini beramai-ramai.

Keindahan yang lain dari bentangan Jonggring

Begitulah kira-kira gambaranku untuk pantai yang satu ini. silahkan dibuktikan sendiri!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar