Jumat, 10 Agustus 2012

Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan

Susu kedelai dengan telur
Karena susu kedelai bisa mengurangi aktivitas dari enzim protease, yang digunakan oleh tubuh untuk membantu memetabolisme protein. Sementara diketahui bahwa telur merupakan makanan yang kaya akan protein.

Susu dengan coklat

Seperti diketahui bahwa susu kaya akan protein dan kalsium sementara coklat kaya akan oxalic acid. Jika dikonsumsi bersama-sama, kalsium dari susu dan oxalic acid dari coklat bisa bergabung dan membentuk kalsium oksalat yang tidak dapat larut dalam tubuh. Akibatnya bukan hanya tidak bisa dicerna oleh tubuh tapi bisa menyebabkan diare.

Buah kesemek dengan kentang manis

Kentang menghasilkan asam hidroklorik di dalam perut, asam ini bisa menyebabkan buah kesemek yang dikonsumsi mengendap dalam tubuh. Endapan tersebut bisa menjadi batu yang tidak bisa larut, sehingga bisa mengganggu pencernan.

Beberapa buah-buahan dengan makanan laut

Buah anggur, delima atau kesemek tidak boleh digabung dengan makanan laut, karena bisa menyebabkan mual dan perut kembung serta rasa sakit pada perut dan diare. Ini karena buah-buahan tersebut mengandung tannin yang jika digabungkan dengan protein bisa menghasilkan zat yang tidak larut dan tidak bisa dicerna. Sebaiknya mengonsumsi buah-buahan tersebut 4 jam setelah makan makanan laut.

Produk susu dengan brokoli, kacang kedelai dan bayam

Zat kimia yang terkandung di dalam sayuran ini bisa memberikan efek negatif terhadap proses metabolisme kalsium dari produk susu.

Agar terhindar dari efek samping yang bisa ditimbulkan oleh makanan-makanan tersebut, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan itu secara bersama-sama. Untuk mensiasatinya berilah jarak waktu antar makanan dan jangan terlalu berlebihan mengonsumsinya.

source: http://laylamaniez.blogspot.com/2009/12/warning-makanan-yang-tidak-boleh.html

Sembilan Alasan Mengonsumsi Tomat



Ada banyak alasan agar Anda mampir ke pasar lokal dan membelinya. Berikut sembilan alasan untuk menyukai buah tomat:

1. Tomat diperkaya dengan vitamin C, sebuah nutrisi yang menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat.

2. Tomat mengandung phytonutrient (nutrisi yang didapatkan dari tumbuhan termasuk buah) yang disebut likopen yang telah terbukti dalam beberapa penelitian melawan penuaan dan memiliki sifat-sifat antikanker. Likopen efektif untuk melawan kanker prostat dan usus besar.

3. Likopen yang terkandung di dalam tomat juga membantu melawan kerusakan gen yang berpotensi menimbulkan penyakit.

4. Tomat merangsang terbentuknya asam amino karnitina yang terbukti dalam penelitian mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh lebih dari 30 persen.

5. Penelitian menunjukkan likopen yang terkandung di dalam tomat, kalau dikonsumsi secara teratur, dapat mengurangi risiko serangan jantung hingga 29 persen.

6. Kurangnya asupan likopen dalam makanan yang dikonsumsi wanita menopause dikaitkan dengan osteoporosis.

7. Tomat segar dan ekstrak tomat terbukti dalam penelitian dapat menurunkan total kolesterol, kolesterol LDL (kolesterol jahat), dan trigliserida. Tomat juga terbukti dapat mencegah penggumpalan darah (dikenal sebagai agregasi trombosit), yang merupakan faktor risiko untuk aterosklerosis

8. Tomat juga mengandung phytonutrient lain, termasuk betakaroten, lutein, dan zeaksantin, yang baik untuk mata dan membantu melindungi mata Anda dari degenerasi.

9. Tomat lezat dan serbaguna. Tomat bisa dipadukan dalam pasta, salad, sup, kari, semur, dan berbagai masakan favorit Anda.

Sebagaian orang mengatakan tomat seharusnya dimakan setelah dimasak untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal. Itu tidak sepenuhnya benar. Meski likopen diserap maksimal dari tomat yang sudah dimasak, vitamin C dan enzim-enzim lain yang terkandung dalam tomat paling banyak terkandung pada tomat yang tidak dimasak.

Jadi, saya menyarankan untuk memadukan keduanya. Nikmati tomat masak dalam sup, semur, dan kari. Makan tomat mentah dalam salad, sandwich, dan salsa.

Penelitian menunjukkan bahwa likopen yang terkandung dalam tomat kuning dan oranye diserap lebih maksimal daripada likopen yang terkandung dalam tomat merah. Jadi jangan lupa untuk menyempatkan diri memakan kedua jenis tomat itu.

Diambil dari http://id.she.yahoo.com/sembilan-alasan-mengonsumsi-tomat.html

RPP Kelas IV SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             : SDN Tugurejo 02                  Kelas/Semester            : IV/II
Mata Pelajaran            : Matematika                           Alokasi Waktu            : 2  X 35 menit
Pertemuan                   : 1                                            Tanggal Pelaksanaan  : 1 Nopember  2011

A.    Standar Kompetensi

B.     Kompetensi Dasar 

C.    Indikator


D.    Tujuan Pembelajaran


E.     Sumber dan Bahan


F.     Materi Pembelajaran

 7.  Menggunakan lambang bilangan Romawi

 7.1 Mengenal lambang bilangan Romawi

1.      Mengenal lambang bilangan Romawi
2.      Mengenal sistem bilangan Romawi

1.      Siswa dapat mengenal lambang bilangan Romawi.
2.      Siswa dapat mengenal sistem bilangan Romawi

1.      Buku Ayo Belajar Matematika IV SD
2.      Poster lamabang bilangan romawi

Bilangan Romawi

G.    Langkah-langkah Kegiatan :
No.

Langkah-langkah Kegiatan

Metode

Waktu
(Menit)
1.
Kegiatan Awal :
·      Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
·      Guru memberikan contoh bilangan romawi yang biasa digunakan dan meminta siswa menebaknya
·      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.


Tanya Jawab
10 menit
2.
Kegiatan Inti :
·      Guru menunjukkan poster berisi bilangan romawi
·      Siswa membentuk kelompok kecil dua atau tiga anak
·      Guru membagikan potongan kertas berisi lambang bilangan romawi dan bilangan-bilangan
·      Bersama temannya siswa memasangkan lambang dengan bilangan yangs sesuai
·      Salah satu kelompok mempresentasikan hasil kerja dan yang lain menambahi
·      Guru menyimpulkan
·      Penugasan individu
·      Evaluasi
·      Penilaian



Kooperatif
Index kard mach


Presentasi

Ceramah
Penugasan


5 menit
5 menit
5 menit
15 menit
10 menit

5 menit
10 menit

3.
Kegiatan Penutup :
·      Mengadakan pengulangan
·      PR
·      Salam penutup


5 menit


H.    Penilaian
1.      Penilaian Proses          : Unjuk kerja
2.      Penilaian hasil             : Tes tulis

I.       Lampiran
1.      Rangkuman materi
2.      Contoh kartu kerja siswa
3.      LKS



Mengetahui,
Guru Kelas



...................................

Tugurejo, 1 Nopember  2011
Mahasiswa



KUSNUL MUTOLIKAH
NIM 813781671




Kepala Sekolah,



...................................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             : SDN Tugurejo 02                  Kelas/Semester            : IV/II
Mata Pelajaran            : Matematika                           Alokasi Waktu            : 2  X 35 menit
Pertemuan                   : 2                                            Tanggal Pelaksanaan   : 3 Nopember 2011

A.    Standar Kompetensi

B.     Kompetensi Dasar 


C.    Indikator



D.    Tujuan Pembelajaran



E.     Sumber dan Bahan


F.     Materi Pembelajaran

 7.  Menggunakan lambang bilangan Romawi

 7.2 Menyatakan bilangan cacah sebagai bilangan Romawi dan sebaliknya

1.      Mengenal sistem bilangan Romawi
2.      Menyatakan lambang bilangan cacah ke dalam lambang bilangan Romawi

1.      Siswa dapat mengenal sistem bilangan Romawi
2.      Siswa dapat menyatakan lambang bilangan cacah ke dalam lambang bilangan Romawi

1.      Buku Ayo Belajar Matematika IV SD
2.      Poster lambang bilangan romawi

Bilangan Romawi

G.    Langkah-langkah Kegiatan :
No.

Langkah-langkah Kegiatan

Metode

Waktu
(Menit)
1.
Kegiatan Awal :
·      Guru memberi motivasi belajar kepada siswa
·      Mencocokkan PR
·      Mengulang pelajaran terdahulu
·      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran


Tanya Jawab
10 menit
2.
Kegiatan Inti :
·      Bermain kuis dengan guru menunjukkan lambang bilangan romawi sedangkan secara bergantian siswa menebaknya
·      Guru menjelaskan cara penulisan angka romawi dan aturan penggabungannya
·      Siswa mempraktekkan satu persatu dengan bergantian menjawab soal yang diberikan teman sebangkunya
·      Guru memeriksa hasil kerja masing-masing siswa
·      Penugasan individu
·      Evaluasi
·      Penilaian


Kuis


Ceramah

Demonstrasi


Penugasan

10 menit


10 menit

10 menit


10 menit
10 menit

3.
Kegiatan Penutup :
·      Mengadakan pengulangan
·      PR
·      Salam penutup

10 menit

H.    Penilaian
1.      Penilaian Proses          : Unjuk kerja
2.      Penilaian hasil             : Tes tulis

I.       Lampiran
1.      Rangkuman materi
2.      Contoh kartu kerja siswa
3.      LKS


Mengetahui,
Guru Kelas



........................................

Tugurejo, 3 Nopember 2011
Mahasiswa



KUSNUL MUTOLIKAH
NIM 813781671




Kepala Sekolah,



...............................................



Kamis, 09 Agustus 2012

Kucing Doyan Makan Tomat dan Sayur (Vegetarian)

Ayo, siapa yang tidak suka makan sayur atau buah? Jangan salah, sudah terbukti sejak dahulu kala kalau buah dan sayur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak percaya? Buktinya ini. Kucingku yang manis ini sudah sejak kecil gemar menyantap aneka sayur-mayur dan beberapa buah-buahan.


Setiap kali keluargaku makan sayuran, Pussi selalu minta walau hanya sedikit. Tapi kalau tomat, hemmm, jangan ditanya. Walaupun kau membungkusnya dengan plastik berlapis pun penciuman Pussi dapat menangkap aromanya. Alhasil, jika tak segera diberikan maka plastik itu akan dikoyaknya hingga ia dapat menyantap sampai habis.

Tidak hanya tomat, pisang, nangka, serta rambutan adalah buah kesukaannya. Hasilnya? Rambut Pussi tidak terlalu rontok walau tanpa pernah ke salon atau perawatan khusus lainnya. Badannya juga lumayan seger.


Nah, kalau sudah begini, saudara-saudara, ibuk-ibu, bapak-bapak, adik-adik, siapa yang tidak suka sayuran? Masa' mau kalah dengan kucing?????


Sabtu, 04 Agustus 2012

Latihan Soal IPS kelas VI Indonesia dan Negara Tetangga (ASEAN)


I.          Beri tanda silang pada jawaban yang benar!

1.       ASEAN terbentuk melalui deklarasi…
a.       Juanda
b.      Bangkok
c.       ASEAN
d.      Kolombo
2.       Menteri Luar Negeri yang mewakili Indonesia waktu itu adalah…
a.       Sayuti Melik
b.      Mohammad Hatta
c.       Zaenal Mustofa
d.      Adam Malik
3.       Kamboja menjadi Negara ASEAN pada tanggal…
a.       30 Agustus 1999
b.      18 Desember 1998
c.       18 Agustus 1998
d.      30 Desember 1999
4.       Penghasil timah terbesar ASEAN adalah…
a.       Indonesia
b.      Filipina
c.       Malaysia
d.      Myanmar
5.       Berikut ini julukan Negara Thailand, kecuali….
a.       Rumah Rakyat Merdeka
b.      Beruang putih
c.       Seribu pagoda
d.      Lumbung padi ASEAN
6.       Puncak tertinggi SIngapura adalah…
a.       Timah Hill
b.      Pegunungan Apo
c.       Everest
d.      Jaya Wijaya
7.       Negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia adalah…
a.       Brunei Darussalam
b.      Singapura
c.       Thailand
d.      Malaysia
8.       Sungai Mekong mengalir di…
a.       Thailand
b.      Vietnam
c.       Filipina
d.      Myanmar
9.       Pemilik pelabuhan terindah di ASEAN adalah…
a.       Filipina
b.      THailand
c.       Kamboja
d.      Singapura
10.   Akibat dari banyak negara ASEAN yang dilewati jalur lipatan Sirkum Pasifik adalah…
a.       Sering terjadi banjir
b.      Sering terjadi gempa bumi
c.       Beriklim tropis
d.      Banyak mempunyai pantai

II.        Isian
1.       Dua bagian Malaysia Timur adalah………………….……. dan ……..………………………
2.       Negara ASEAN yang tidak berpantai adalah………………………..……………………….
3.       Candi Hindu terbesar di Kamboja adalah……………….………………..………………….
4.       Pelabuhan tersibuk di ASEAN terdapat di ………………………………..…………………
5.       Pusat pengembangan padi unggul di Filipina berpusat di …………..………………
6.       Ibu kota Negara Brunei Darussalam adalah ……………………………..………………..
7.       Puncak tertinggi Filipina adalah ………………………………………………..……………….
8.       Dua Negara penghasil padi ASEAN adalah ………………. dan …………..……………
9.       Penduduk asli Filipina adalah suku …………………………………………….……………..
10.   Negara kawasan Asia Tenggara yang belum menjadi anggota ASEAN adalah....................

III.      Uraian
1.       Sebutkan 3 Menlu pembentuk ASEAN beserta Negara asalnya!

2.       Sebutkan tiga persamaan sosial Negara kawasan Asia Tenggara!

3.       Jelaskan sebab Brunei Darussalam menjadi Negara kecil yang kaya!




       4.       Tulis letak astronomis Asia Tenggara!

5.       Sebutkan tiga julukan Thailand dan alasannya!